Menghentikan CHKDSK Ketika Windows XP Booting

Pernahkah anda mengalami scandisk terus menerus pada saat menyalakan dan merestart PC anda? jika iya maka anda mengalami perintah CHKDSK yang terus menerus di jalankan pada saat booting.

CHKDSK adalah salah satu fitur dari Microsoft Windows yang bertugas melakukan pengecekan terhadap hard disk yang kita miliki, apakah memiliki gangguan atau bad sector, biasanya perintah ini dipanggil bila Windows tidak dishutdown secara sempurna, atau di restart tidak secara prosedur. Hard Drive tersebut akan di mark oleh windows sebagai "dirty" drive dan akan memanggil perintah chkdsk untuk membersihkannya..

Untuk menghilangkan CHKDSK ini kita dapat menggunakan perintah dibawah ini pada Command Prompt ( Start-Run-cmd):

chkdsk /F

Ada kalanya CHKDSK "menyangkut", proses scanning tidak bisa diselesaikan dan hang saat proses scanning, maka ada baiknya menggunakan tools lain untuk melakukan pengecekan terhadap hard disk anda apakah memiliki bad sector atau kerusakan lainnya..

Namun bila anda yakin hard disk anda tidak rusak dan Windows anda tetap menganggap drive anda "dirty", maka ada perintah yang dapat dipanggil untuk membantu mengatasi problem ini,yaitu :

chkntfs /d
chkntfs /x c: (untuk mendisable chkdsk pada drive C)
chkntfs /x c: d: (untuk mendisable chkdsk pada drive C dan D)
Perintah ini akan merestore kembali pada kondisi semula dan menghapus perintah CHKDSK yang menumpuk atau tidak perlu dilaksanakan lagi.

Sumber: www.dudul.org

2 komentar:

makasih banyak infromasinya gan.

solder uap

sangat membantu, apalagi saya masih pemula

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More